Kamis, 26 Mei 2011

Menulis rumus kimia dan struktur molekul di word 2007

Mengetik /menulis rumus kimia dan menggambar struktur molekul (geometri molekul) di word 2007. Rumus kimia (atau rumus molekul) adalah cara ringkas memberikan informasi mengenai atom-atom yang menyusun suatu senyawa kimia tertentu. Untuk senyawa molekular, rumus ini mengidentifikasikan setiap unsur kimia penyusun dengan simbol kimianya dan menunjukkan jumlah atom dari setiap unsur yang ditemukan pada masing-masing molekul diskrit dari senyawa tersebut. Jika suatu molekul mengandung lebih dari satu atom unsur tertentu, kuantitas ini ditandai dengan subskrip setelah simbol kimia . Untuk senyawa ionik dan zat non-molekular lain, subskrip tersebut menandai rasio unsur-unsur dalam rumus empiris.

Misalnya: H2O : air (water)

Molekul memiliki geometri (disebut geometri molekul) yang berbentuk tetap dalam keadaan kesetimbangan. Panjang ikatan dan sudut ikatan akan terus bergetar melalui gerak vibrasi dan rotasi. Rumus kimia dan struktur molekul merupakan dua faktor penting yang menentukan sifat-sifat suatu senyawa. Senyawa isomer memiliki rumus kimia yang sama, namun sifat-sifat yang berbeda oleh karena strukturnya yang berbeda. Stereoisomer adalah salah satu jenis isomer yang memiliki sifat fisika dan kimia yang sangat mirip namun aktivitas biokimia yang berbeda.

Rumus kimia dan struktur molekul tersebut bisa dibuat secara manual di word, namun bisa juga secara otomatis dengan menggunakan addin word. Dengan menggunakan Chemistry Add-in for Word rumus kimia dan geometri molekul dapat dibuat dengan mudah.

Saat ini addin rumus kimia tersebut hanya tersedia untuk Word 2007 dan 2010.


Catatan:
1. Installer addin rumus kimia bisa download disini Chemistry Add-in for Word
2.Untuk Office 2007 dibutuhkan Visual Studio 2010 Tools for Office Runtime (VSTOR ini diinstal sebelum menginstal Chemistry Add-in for Word, bisa download disini Visual Studio 2010 Tools for Office Runtime jika menggunakan Windows 7 64 bit pilih vstor40_x64.exe , jika menggunakan Windows 7 32 bit pilih vstor40_x86.exe
3.Untuk pengguna Windows XP diperlukan Microsoft .NET Framework 3.5 Service Pack 1

4. Jika menginstal secara offline dan chemistry addin tidak tampil di menu bar word 2007 maka bisa dilakukan cara lain yaitu dengan melakukan proses setup / instal secara online , caranya buka direktori window explorer yang berisi installer Chemistry Add-in for Word yang sudah didownload , double klik file setup.exe maka secara otomatis file update yang dibutuhkan akan diinstal dari situs microsoft saat instalasi berlangsung.


Setelah proses install Chemistry Add-in for Word berhasil ditandai dengan munculnya Tabulasi Chemistry di menu  bar. Untuk membuat rumus molekul / geometri molekul lakukan prosedur berikut :

1. Di menu bar pilih Chemistry - Chemistry Gallery
Pilih salahsatu gallery yang tersedia misalnya "citric acid"






2. Secara otomatis struktur geometris molekul akan tampil di lembar kerja word
Hasilnya akan tampak di lembar kerja word seperti di bawah ini

3. Untuk mencari lebih banyak lagu bentuk geomtris molekul
Di submenu Chemistry Gallery , pilih Load from file - OPSIN ( anda harus terkoneksi ke internet untuk mengakses situs OPSIN)


4. Pada kotak dialog pencarian ketik nama struktur molekul /senyawa kimia yang dingin dicari, misalnya "benzoat"
Kemudian klik tombol loop , selanjutnya klik import



5.Jika berhasil maka struktur molekul tersebut akan muncul di halaman kerja word.

Artikel Terkait:



4 komentar blog:

Jawara Kampung mengatakan...

mkasih y infonya,..mo tak coba langsung,...

Anonim mengatakan...

informasi yg bgus,,,, udah gw cari2 neh,,,,

Anonim mengatakan...

info yg bagus,,,, udah lama neh nyarinya,,,

awan yg ehem ehem mengatakan...

terima aksih..setalah ta udeg udeg google mencari info tentang pengertian sterioismer..eh dapat disini.. makasih bnykk.. muachh