Jumat, 28 Januari 2011

Panduan SEO : Analisa Keyword Density menggunakan Keyword Density Tools

Panduan SEO : Analisa Kerapatan Keyword Blog  menggunakan Keyword Density Tool. Salahsatu  faktor pendukung dalam optimasi SEO adalah memilih keyword yang benar. Jika dalam tahap awal optimasi mesin pencari , kita sudah melakukan penelitian keyword menggunakan Google trend, Google Keyword Tools, dan berbagai tools seo gratisan lainnya, maka sahabat sudah punya sekumpulan kata /frase sebagai  bakal calon  keyword yang akan dimasukkan ke dalam posting blog.

Beberapa tools seo berikut terkadang saya gunakan dalam menganalisa keyword density blog agar postingan lebih seo friendly adalah :

1. Keyword Density Analysis
Keyword Density Analysis dapat digunakan untuk mencari dan mendeteksi keyword yang ada di dalam sebuah halaman blog, akan terlihat prosentase keyword dalam posting blog. Secara logis kata/keyword dengan frekuensi pengulangan lebih banyak maka secara otomatis akan berpeluang menjadi keyword postingan, dan tentunya crawler google bisa lebih mudah menemukan keyword blog.

Agar lebih mudahnya langsung dipraktekkan dan optimalkan blog agar seo friendly.

a. Buka situs berikut Keyword Density Tools

Masukkan url blog , misalnya:
http://www.komputerseo.com/2010/01/panduan-seo-untuk-pemula.html
Pada bagian ignore word of masukkan angka 2
Klik Submit
Maka akan tampil beberapa kelompok keyword , seperti word ,  2 word Phrases , 3 Word Phrases
Keterangan:
a.Word adalah kata yang paling banyak terdapat dalam postingan, kata-kata yang tercantum disini cocok dijadikan short keyword, jika keyword yang ditargetkan belum muncul di no 1 sampai 5  sebaiknya modifikasi kalimat pada postingan agar optimasi seo maksimal. .
b. 2 Word phrase dan 3 Word phrase berisi keyword tertentu, bisa dipilih menjadi long tail keyword (keyword panjang), atur sedemikian rupa kalimat postingan agar keyword yang akan dijadikan target berada pada posisi atas (2 Word phrase dan 3 Word phrase)

Supaya mendapatkan hasil optimasi seo maksimal, maka perlu dilakukan simulasi pada posting blog (lakukan perubahan kalimat dengan memperbanyak keyword / kata tertentu pada postingan agar pada baris pertama Keyword Density Tools tampil kata kunci yang diinginkan)


Nilai prosentase density maksimal 15%, namun ada beberapa forum menyarankan tidak lebih dari 30%, secara pribadi untuk mencapai 10% saja terkadang sangat sulit.

2. Menggunakan Quintura SEO Info .
Tools ini terkadang saya gunakan untuk mengecek keyword postingan sebelum di publish. dengan tools seo ini kita dapat menentukan tag , tag ini akan dijadikan keyword postingan. Jika ingin mencoba bisa dilihat disini Quintura SEO Tools

3. Menggunakan Google Webmaster Tools (Google Webmaster Center)
Google Webmaster tools merupakan tools seo yang sangat powerful, karena di google webmaster tools terdapat akumulasi keyword blog yang telah dikenali oleh search engine google.

Kelemahan dari tools seo di atas:
a.Jika pada panduan seo google nomor 1 dan 2 , keyword yang terdeteksi adalah keyword apa adanya semua keyword mempunyai bobot relevansi sama, sedangkan jika menggunakan google webmaster tools keyword yang tercantum adalah keyword yang telah di filter oleh google kemudian di urutkan (sorting) sebagai keyword utama blog
b. Jika menggunakan google keyword tools (google webmaster center) belum tersedia fitur analisa keyword untuk konten/posting blog, yang ada hanya keyword posting blog yang menempati 10 besar SERP.
c. Menggunakan keyword density tools belum menjamin postingan tampil di halaman pertama google, karena banyak faktor yang dinilai oleh google seperti relevansi keyword blog, trafik, backlik, dll.

Sebagai pemula kita tetap mengacu pada panduan seo yang terdapat di situs google, bahwa salah satu faktor utama untuk membuat postingan muncul di halaman pertama Google search, adalah jumlah postingan. Semakin banyak postingan dengan tema yang sama maka semakin besar peluang blog tampil di halaman awal google.

Berdasarkan pengalaman dengan menggunakan keyword density tools bisa membantu postingan cepat muncul pada posisi 10 besar SERP, namun terkadang juga tidak muncul karena semua tergantung ketatnya persaingan. Jika panduan SEO di atas bermanfaat silahkan diterapkan pada blog sobat, jika dianggap tidak berguna silahkan diabaikan.

Artikel Terkait:



12 komentar blog:

hargahargabaru mengatakan...

langsung saya coba buka web keyword density. Ternyata blog saya sangat rendah sekali density nya. Bagaimana cara meningkatkan Density/nya?

Ardhiansyam mengatakan...

Bener sob, selain kuantitas postingan, google juga melihat faktor umur, dan yang pasti kepadatan kata kunci. Persaingan juga menentukan, misalnya blog yang lahir lebih dulu otomatis akan terindex duluan, perlu waktu untuk tumbuh, menyamai, bahkan menyalip blog berumur.

Compare Life Insurance mengatakan...

Kembali Berkunjung Rutin...hehehe

Aku datang lagi nih Gan dengan membawa kabar berita terbaru, Alhamdulilah sekarang aku sudah punya web baru dengan hosting sendiri, alamat web ini Gan http://bestcomparelifeinsurance.com Please kunjungannya baliknya ya Gan...hehehe

Salam Silaturahmi.... Nanti saya balik lagi...

bowo mengatakan...

izin ikut menganalisa..hehe

slometo mengatakan...

begini, gan.. Saya mau tanya, diblog saya ini http://slometobom.blogspot.com/
saya pasang widget asing tukar link otomatis, yg mana sapa saja bisa dgn sendiriny masang link diblog saya, tanpa perlu saya pasang! Sampai2 ad yg brdomain .xtgem.

Kira2.. Pengaruhny gmn gan? Butuh petunjuk ne..
Soalny akhir2 ini, trafik saya d search engine google menurun drastis bahkan kalah dgn blog yg br brumur sebulan. Help? Emergency..

kisah legenda kuliner nusantara mengatakan...

Trnyata banyk bngt jnis SEO....bnr2 msh blm tau apa2 ttg blog neh

handphone terbaru mengatakan...

makasih nih buat sharenya, kalau yg dari google sih, memang sdah dipakai, mau coba yang lainnya deh.

waloetz mengatakan...

izin nyimak nih gan, kayaknya pada serius nih,,,

penempatan widget category,label,tag, dan lainnya juga mempengaruhi density keywott(CMIIW)
SALAM KENAL

motor matic injeksi irit harga murah mengatakan...

thanks atas infonya boss

Lintas Informatika mengatakan...

mantap kali nih tips, kebetulan keyword density ane 0% :(

mampir juga kesini ya Lintas Informatika

Lintas Informatika mengatakan...

mantap kali nih tips, kebetulan keyword density ane 0% :(

mampir juga kesini ya Lintas Informatika

Lintas Informatika mengatakan...

mantap kali nih tips, kebetulan keyword density ane 0% :(

mampir juga kesini ya Lintas Informatika