Kamis, 07 Oktober 2010

WebP format gambar terbaru google yang seo friendly

Google memperkenalkan sebuah format baru gambar yaitu webp yang bisa digunakan oleh pembuat website untuk mempercepat proses membuka website (loading web). Menurut informasi dari situs google , Format baru webp mempunyai ukuran byte lebih kecil dari format gambar standart web yang ada (jpeg, jpg, png).

WebP adalah format gambar yang terkompresi.WebP terdiri dari codec yang berdasarkan VP8. Webmasters, web developer dan pengembang browser dapat menggunakan WebP untuk kompressi file gambar, arsip file dan mendistribusikan gambar digital lebih efisien. Webp mulai diperkenalkan oleh google sejak Mei 2010.

Seiring adanya perubahan algoritma yang diterapkan google pada mesin pencarinya dengan menjadikan kecepatan loading web sebagai salah satu faktor utama dalam menentukan pagerank maka masalah lambatnya loading web bisa menjadi teratasi dengan menggunakan gambar format webp. Serta dengan menggunakan format gambar webp bisa lebih memudahkan pengembang web untuk melakukan optimasi seo.

Namun kendalanya saat ini aplikasi untuk konversi dari format standart web(jpg,png) ke format jpg saat ini hanya tersedia untuk pengguna linux, untuk pengguna windows masih perlu bersabar menunggu google mengeluarkan aplikasi converter image berbasis windows.

Info lengkapnya bisa dilihat disini format gambar google

Artikel Terkait:



1 komentar blog:

dwilovaniez mengatakan...

webp codec for windows sudah tersedia 30 menit yang lalu