Minggu, 11 April 2010

Tips SEO , memilih nama domain yang SEO friendly

Sebelum membuat blog, maka yang pertama yang harus dilakukan adalah membuat atau mendaftar nama domain (jika di penyedia blog gratis seperti wordpress atau blogspot maka hanya perlu menentukan nama sub domain), tetapi jika ingin membeli /menyewa domain maka anda bisa menentukan sendiri nama domain asalkan belum ada yang punya nama domain tersebut.

Top domain : misalnya: http://www.namadomain.com
Sub domain , misalnya: http://www.namadomain.blogspot.com
http://www.namadomain.wordpress.com
Saat menentukan nama domain untuk membuat blog pribadi agar seo friendly, ada beberapa panduan seo yang perlu dipertimbangkan:



1. Pilih nama domain yang sesuai dengan tema blog yang akan dibuat usahakan dalam nama domain terdapat keyword (kata) yang akan dijadikan target utama pengunjung dari search engine ,
Misalnya tema blog tentang seo, maka gunakan nama domain yang ada kata seonya, atau kata yang ada kaitan erat dengan seo.
misalnya : http://www.teknikseo.com ,http://www.teknik-seo.com , http://www.panduanseo.com http://www.teknikseo007.com , dll
http://www.teknikseo.blogspot.com, http://www.teknikseoku.blogspot.com,dll
Mengapa menggunakan kata tersebut karena robot search engine akan mendeteksi kata yang ada dalam nama domain, dan akan dijadikan keyword utama blog anda.
2. Gunakan nama domain yang pendek dan ringkas, mudah diingat agar memudahkan pengunjung mengingat domain blog anda
3. Hindari penggunaan nama pribadi, karena hanya akan merugikan anda sendiri dalam persaingan keyword, saya yakin jarang orang yang mencari informasi nama anda, jika ingin membuat nama anda, bisa diletakkan di badan blog atau di dalam postingan yang mudah dilihat pengunjung.
4. Gunakan google keyword tools atau google search dropdown untuk melihat keyword yang banyak dicari pengguna search engine

Sebagai catatan:
1.Jika anda sudah terkenal tidak masalah membuat nama sendiri menjadi nama domain. Namun jika masih pemula sangat saya sarankan gunakanlah keyword tema blog di dalam nama domain, agar bisa bersaing dalam persaingan keyword di search engine
2. Jika blog yang dibuat adalah blog instansi atau unit usaha sebaiknya gunakan nama unit usaha atau instansi sebagai nama domain.

Pendapat di atas hanyalah pendapat pribadi, bisa saja analisa saya dan analisa anda berbeda. Silahkan dikoreksi jika pendapat saya keliru.

Artikel Terkait:



3 komentar blog:

UdongeBlog mengatakan...

makasih mas... nice infoh.

follow balik yah.

udongeblog.blogspot.com
mampir mas.

Tutorial, Tips, Trick, Info. mengatakan...

wah jadi dengan gini bisa di page satu ya?

writersfinder mengatakan...

wah makasih banget tips nya pak